24 Maret 2013

Side Deck for Side Deck



Udah susah-susah susun power di field, eh rusak gara-gara satu kartu lawan, atau susah ngapa-ngapain, gabisa gerak, kaget gara-gara satu kartu lawan yang tidak terduga dan bikin memutar balik keadaan, bikin kita ingin flip table beneran. Problem yang kita hadapi saat tourney dan ketemu kartu yang lawan side in.

Ada ga si cara untuk atasi itu?
Kamu bisa temukan di sini, baca, pahami, rasakan, dan nikmati (?)
Itu gambar zombie world disamping maksudnya apaan?
Udah baca dulu

Alphonse : "Siuul, tadi di tourney kalah sama Six Sam"
Edward : "Ew, emang ga bawa side lawan dia?"
Alphonse : "Justru itu, kalah gara2 kartu yang di side in"
Edward: "Kok bisa?, emang masukin apa?"
Alphonse : "Tadi bawa puppet plant, tapi habis dia keluarin Shi En" dia masang Zombie World, puppet plant jadi ngejunk"
Edward : Wew ._.
Dialog di atas hanya fiktif belaka, apabila ada kesamaan nama karakter, tempat dan cerita, 
memang dibuat secara sengaja.

Kadang pahit rasanya, kartu yang di side in gak ke draw atau kartu yang di side in ngejunk di timing duel yang tak tepat, dan teriak dalam hati "telat". But, kalau ngeliat percakapan di atas kayaknya itu lebih sakit, kartu yang kita side in khusus untuk hadapi deck lawan mati karena kartu khusus yang sengaja lawan masukkan untuk hadapi side deck kita, singkatnya "SIDE DECK FOR SIDE DECK"
Me ni wa me o, Ha ni wa ha o, Aku ni wa aku o
Owh jadi intinya kita bisa ngakali kartu dari side deck lawan dengan side deck juga?
Ya, benar bisa begitu.

Gimana cara mencari tahu kartu yang seperti itu?
Sebenarnya sama kayak biasanya, bedanya di target yang bukan main deck, so yang bisa kamu lakukan :

  • Analisis kelemahan deck kamu hubungannya dengan meta, buat lawan deck kamu biasanya  pakai kartu apa
  • Cari kartu yang dapat menghambat dan bikin ga guna kartu tersebut, ya di sini kartu yang dipilih bersifat mencegah dan atau, contoh : Zombie World untuk lawan Puppet Plant
  • Cari kartu yang dapat mengatasi/merusak kartu anti deckmu, contoh : Dust Tornado/Wild Tornado untuk destroy Macro Cosmos
Konsep sederhananya seperti itu, dan berikut kita bahas kartu apa aja yang bisa dijadikan side deck untuk melawan side deck lawan, sekaligus kartu itu buat deck apa

DECK : Universal

Untuk melawan : banyak
Prohibition
Group: Spell Card
Type: Spell
Icon:Continuous
When you play this card, declare the name of 1 card. As long as this remains on the Field, the declared card cannot be played. The cards which are already on the Field before this card’s activation are excluded.
Explanation : Di timing yang tepat, kamu bisa mendeclare berbagai macam kartu, termasuk kartu side deck lawan, misal lawan udah siapkan Gemini Imps di hand, sebelum kamu aktifkan Royal Tribute, kamu aktifkan Prohibition terlebih dulu dan declare Gemini Imps.
Kekurangan : rentan mst, dan perlu perkiraan dan intuisi yang jago.

Untuk melawan : Anti deckmu yang berupa Spell/Trap Continuous
Dust Tornado/Wild Tornado/Twister dsb
Twister
Group: Spell Card
Type: Spell
Icon:Quick-Play
Pay 500 Life Points. Destroy 1 face-up Spell or Trap card.
Explanation : Misal deck kamu Dark World, dan kira2 lawan bakal side in Macro Cosmos, saat kamu hendak aktifkan Card Destruction, tetep simpan Twister di hand, jika lawan chain macro untuk aktivasi card desmu, kamu bisa chain dengan twister target macro biar tetep aman.
Kekurangan : Yang berupa trap lambat, karena perlu di set dulu, dan rentan kena destroy mst lawan saat giliran kamu

DECK : Type Oriented (Machine, Dragon, Warrior)

Untuk melawan : Hadapi monster penculik khusus type (Puppet Pant, Electric Virus), hadapi Cyber Dragon, System Down (khusus Machine)
Zombie World/DNA Surgery
Zombie World
Group: Spell Card
Type: Spell
Icon:Field
All monsters on the field and in any Graveyard become Zombie-Type monsters. Neither player can Tribute Summon monsters, except Zombie-Type monsters.
Explanation : Lihat dialog di atas
Kekurangan : Pedang bermata dua, jika deck kamu six sam/karakuri/geargia, dan Zombie World udah kau aktifkan, maka kamu gabisa Synchro&Xyz yang syarat materialnya type tertentu (Shi En, Bureido, Gear Gigant X). Buat Dragon tentu saja kamu gabisa SS Dragon dari Grave, dan gabisa Tribute summon.

DECK : Grave Oriented

Untuk melawan : Kartu yang bisa ganggu kamu setup grave, yang sifatnya pembanish : Macro Cosmos, D.D. Crow, Crevice.
Imperial Iron Wall/Kycoo The Ghost Destroyer
Imperial Iron Wall
Group: Trap Card
Type: Trap
Icon:Continuous
Cards cannot be removed from play.
Explanation : Misal deck kamu Dragunity, untuk memuluskan effect Dux/Vajrayana bisa pakai IIW untuk hindari kartu2 pembanish
Kekurangan : IIW trap continuos yang perlu di set dan rentan di destroy, Kycoo makan summon dan attacknya hanya 1800, mudah dibunuh boss lawan.

Kamu bisa menemukan sendiri kartu-kartu apalagi yang mungkin bisa dipakai, 
Jadi intinya ?
Gue denger kamu suka side deck,
jadi gue bikin side deck buat hadapi side deck kamu,
biar kamu bisa lihat kartu dari side deck gue
yang gue pake buat hadapi kartu dari side deck kamu
Kelemahan dari konsep Side deck for side deck :

Slot side deck yang hanya 15 kartu tentu sangat sempit jika untuk memasukkan kartu-kartu ini, side deck sudah penuh untuk mengatasi deck yang diperkirakan akan kamu hadapi. Selain itu jika kamu side in terlalu banyak kartu, karena memasukkan kartu anti main deck lawan sekaligus anti side deck lawan, maka bisa sangat mengganggu build dan play deck kamu yang sebenarnya

Untuk mengurangi kekurangan tersebut, kamu bisa memilih kartu-kartu yang dual fungsi, selain mengganggu main deck lawan, sekaligus side deck lawan, misal :
-Deck kamu Six Sam dan lawan kamu Karakuri, kamu bisa bawa Zombie World untuk melindungi mosntermu dari puppet plant sekaligus mencegah lawan Synchro/Xyz non-generic (machine)
-Deck kamu Geagia dan lawan kamu Chaos Dragon, kamu bisa bawa Macro Cosmos untuk melindungi monstermu difusion dengan Cyber Dragon lawan, sekaligus mencegah lawan setup Grave.
dengan deck Geargia juga, lawan kamu Synchrocentric/Xycentric yang type monsternya heterogen, untuk melindungi monstermu difusion dengan Cyber Dragon lawan kamu bisa bawa Gozen Match, yang sekaligus menghalangi lawan untuk spam monster.
-Lawan kamu Dino-Rabbit, Imperial Iron Wall yang sudah diaktifkan membuat Rescue Rabbit untuk aktifkan effectnya sekaligus melindungi monster kamu dari Macro Cosmos.

Kamu punya pemikiran lain mungkin yang belum ada di sini? silakan comment di bawah
Terima kasih sudah mau mampir.
Sekian dan Salam Super Rare : )

3 komentar:

Agar yang lain makin paham, yuk berkomentar!

© 2014 Meta-Gamers. WP Wildweblab converted by Bloggertheme9