28 Agustus 2013

Bener Gak Ya OCG itu gini,TCG itu gitu?


File:Question-TF04-JP-VG.jpg
Beberapa ada anggapan terhadap istilah atau hal di yugi kadang keliru atau bahkan tertukar, beberapa malah menjadi salah paham berkelanjutan, jam tayang diperpanjang, jadi tayang tiap hari dan episode semakin banyak (?). "Kata si A yang ori itu ya gini, kata Si B TCG itu yang gini, kata si C TCG itu gitu".

Meta-Gamers kali ini menyajikan beberapa pernyataan maupun pertanyaan yang mungkin kadang muncul, namun masih bikin bingung maupuan ada salah persepsi tentangnya. 






"Kartu TCG itu yang berbahasa Inggris"
TCG merupakan istilah yang digunakan untuk region distribusi, secara kuantitas dan kemudahan akses bagi kita kebetulan yang inggris saja, akan tetapi sebenarnya ada kartu TCG berbahasa lain seperti Spanyol dan Portugis, bahkan OCG pun ada yang berbahasa Inggris, jadi hindari alasan menyarankan penggunaan TCG agar mudah dipahami, karena OCG juga ada yang Inggris, dan TCG ada yang berbahasa non Inggris :)

Kalau misal dari awal hanya mengatakan "menyarankan penggunaan kartu berbahasa Inggris" maka sama dengan "menyarankan penggunaan TCG maupun OCG asalkan berbahasa Inggris, dan menghindari penggunaan TCG berbahasa non-Inggris"

"Kartu OCG itu yang berbahasa Jepang"
Mirip dengan TCG, kebetulan yang mudah diakses dan sering kita lihat berbahasa Jepang, sebenarnya ada juga yang berbahasa Korea (khusus hanya boleh digunakan Korea dan perwakilan Korea di tournament) dan Bahasa Inggris dengan kode di kartu AE (Asian English).

"Produk OCG itu murah"
Tidak semua produk OCG itu lebih murah dari versi TCG, sebut saja Structure Deck yang pada umumnya lebih mahal, akan tetapi pengeluaran yang lebih sepadan dengan kualitas kartu OCG yang memang top.

"Kartu ori itu pasti kalo 1st Ed/Limited Ed hologram gini, kalau Unlimited Ed hologramnya gitu"
Dalam OCG JP, tidak mengenal 1st Ed/Unlimited Ed, dan ini juga baru salah satu cara buat tahu ori tidaknya kartu, masih ada beberapa cara lain.

"Kartu broken selalu kena Rarity bump"
Rarity bump sering terjadi, contoh Glow Up Bulb yang semula common di OCG, kemudian jadi Ultra/Ulti di TCG, kasus yang terbaru mungkin Kamenleon/Masked Chameleon. Namun itu tidak selalu, bahkan kadang juga terjadi penurunan rarity seperti Formula Synchron dari Super ke Rare.

"Semakin tinggi Rarity semakin Mahal"
 Di TCG banyak kartu Secret penting yang harganya selangit, begitu pula yang berarity Ultra dan Ulti. Akan tetapi di OCG rarity yang kartunya sering mahal adalah Super Rare, karena lebih banyak variant kartu berarity Super dalam 1 set sehingga semakin sulit memperoleh suatu kartu berarity Super, sebut saja Atumn.
Dalam kasus lain dulu sewaktu Scrap Dragon rilis, versi OCG bisa jauh lebih murah juga meski rarity juga sama, karena cara memeroleh Scrap Dragon juga lebih mudah (walau ada faktor lain juga)

"Buka Booster OCG spekulasi lebih tinggi"
Masih ada hubungannya sama kasus sebelumnya, di OCG 1 booster isi 4 common dan 1 rarity lain, so kemungkinan kamu dapet kartu common2 yang ga kepake semakin kecil, di OCG ada 30 booster per box = 4x30= sekitar 120 common ato kurang (karena satu booster bisa dapat super sekaligus rare)

"Memakai kartu OCG itu mempersulit pemahaman terhadap kartu"
Kita udah sering lho tahu suatu efek kartu sebelum TCGnya keluar, kalau mau memudahkan bisa melakukan beberapa tips yang sering di share kakak2, kayak ngeprint kartu. Juga kayak yang disebut di awal ada kok kartu OCG berbahasa Inggris walau lebih sulit di dapet, dan hanya dari set tertentu :)

"Tentang Reprint"
Baik OCG maupun TCG sama-sama mereprint kartu, akan tetapi berbeda media, Meskipun sama-sama mengeluarkan Gold Series, kartu yang direprint berbeda, dalam OCG semua kartu dalam Gold Series memiliki versi Gold maupun Common, sehingga kamu bisa menemui Black Rose maupun Stardust dalam versi Gold dan Common.

"Konami itu gimana sih, banlistnya ada dua, ada OCG EX, ada TCG EX dll?"
Konami membagi region penjualan menjadi 2, yakni OCG untuk Asia dan TCG untuk non-Asia, nah dalam merilis produk, OCG dan TCG punya cara masing2, seperti keberadaan Special Product tertentu di TCG (Tin dll), dan perbedaan dalam Gold Series yang sudah disebutkan di atas.OCG Ex merupakan sebutan untuk kartu yang kebetulan belum rilis di TCG.Dengan perbedaan jenis kartu yang udah rilis, terbentuklah meta yang berbeda pula, sepertinya saat ini Konami merasa banlist pun perlu dibedakan dengan melihat kondisi tadi :)

Sekian, Thanks udah mau mampir
Salam Super Rare

Thanks to : Team Pacifista (Ministry of Magic)

0 comments:

Agar yang lain makin paham, yuk berkomentar!

© 2014 Meta-Gamers. WP Wildweblab converted by Bloggertheme9