28 Maret 2015

Decision Making Skill

Yu-Gi-Oh! Tidak hanya sekedar tentang keberuntungan, skill dan bagaimana komposisi deckmu akan mempengaruhi jalannya permainan. Salah satu skill yang akan sering kamu pakai saat duel adalah kemampuan membuat keputusan alias decision making. Nah, skill ini bukan durian jatuh dari atas, keluar tiba-tiba dari atas ke bawah (semoga ga kena kepala), kamu perlu mengasahnya hingga kamu peka mana yang terbaik dan semakin cepat dalam bertindak. 
*Nah setelah diasah kamu pake buat membelah durian jatuh tadi (?)
Hal-hal berikut yang berpengaruh atau bisa kamu lakukan untuk membantu kamu dalam mengambil keputusan saat bermain :

Mengetahui apa saja yang "bisa" dan "tidak bisa" dilakukan deck kamu
Sebelum mengenal orang lain, tentu wajib kita mengenal siapa diri kita. Sama halnya dengan dec,k Kalau perlu hafal setiap kombo yang ada di deckmu dan urutannya, bagaimana caranya agar dapat plus sebanyak mungkin. Misal deck kamu Shaddol, kamu jadi semakin tahu move yang bisa bikin kamu control field dengan hand tetap terjaga, dengan tanpa membuang-buang shaddol monster yang sudah  mengaktifkan efek sebelumnya. Yang nantinya dengan menghafal kamu jadi tahu dengan kondisi A atau kondisi B kombo mana yang harus dilakukan

Pada saat menyusun deck, kamu bisa menutupi kekurangan deckmu yang "tidak bisa" melakukan hal tertentu. Misal sangat kesulitan menembus Djinn Lock, dan sangat bergantung pada special summon, kamu bisa menambah jumlah spell/trap dengan efek monster removal, dan fleksibel waktu pengaktifannya. Monster kamu bakal kesulitan hilangkan monster yang susah di destroy, maka kamu bisa menambah jumlah monster removal yang tidak destroy seperti Compulsory Evacuation Device. Extra Deck pun bisa diisi dengan kartu yang lebih tepat.

Mempelajari deck Meta
Mengapa kamu perlu mempelajari deck yang akan digunakan orang lain?, tentu saja agar kamu tahu hal-hal konyol yang kurang berguna, dan tak perlu dilakukan untuk hadapi deck meta. Misal kamu hadapi  deck Infernoid yang serasa Pseudo-Dragon Ruler, apakah bijak jika kamu mengaktifkan Solemn Warning untuk negate summon Infernoid Nehemoth, yang ternyata bisa di summon lagi digiliran yang sama asal kondisi field memungkinkan dan ada Infernoid yang mencukupi di hand atau grave. Pengetahuanmu akan deck lawan membantu mana yang harus diaktifkan terlebih dahulu Mystical Space Typhoon atau Dark Hole saat melawan Ritual Beast dengan Monster Fusion berdiri di depan beberapa backrow, dan kamu langsung bisa memastikan kartu mana yang di side out karena kurang berguna, seperti Mirror Force.

Pikirkan sebanyak mungkin pilihan move saat main
Hindari gegabah, kehati-hatian bisa menolong kita dari minus banyak, pikirkan dengan bijak setiap move kamu, bahkan saat hand kamu 2 kartu yang namanya sama dan hanya bisa dipakai satu, misal : lawan punya satu backrow, kamu punya 2 MST di hand mana dulu yang diaktifkan, yang foil dulu atau yg common? Dan mana yg di set. Akhirnya kamu memutuskan aktifkan yang common, yang Foil di set untuk bluffing karena melengkung.

Di komunitas tertentu kadang ada player yang lama saat bermain, sebut saja di tempat " X" ada player bernama "O" dan "G", saat mereka bertemu di Tournamen semua berkata " ini lamaaa", mereka berlama-lama bukan tanpa sebab, mereka ingin bisa melakukan move terbaik dan menjadi game terburuk bagi lawan. Bahkan kehati-hatian dalam menentukan pilihan bisa jadi senjata secara mental buat lawan, tanya "ada respon tidak?" lawan jawab "mikir dulu" itu bisa diibaratkan tanya ke cewek "kamy mau respon cintaku tidak?" si cewek jawab "bentar pikir2 dulu ya" yang berpotensi lebih menyiksa dari kata "terserah"

Nonton orang lain main, atau berguru.
Jika kamu melihat pemain Pro berduel, kamu mungkin kadang kaget, "lho kok malah keluarin ini", "oh ternyata buat itu". Misal player A control Leo, The Keeper of Sacred Tree, player B malah summon Deep Sea Diva daripada Aktifkan Dark Hole, ternyata player B Synchro Summon Catastor, dan menjadikan Dark Hole sebagai strategi cadangan di next turn. Dengan membaca featured match atau menonton video, atau secara langsung kamu bisa belajar dari apa yang orang lain lakukan, yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya oleh kamu. Jadi... coba kau pikirkan, coba kau renungkan (?) 

Pengalaman
Pengalaman adalah guru yang luar biasa, dan guru yang luar biasa adalah guru yang berpengalaman (?). Ingat-ingat dan evaluasi setiap kamu selesai berduel, "tadi salahku di mana ya?", "sebaiknya tadi aku gimana?" atau kamu bisa tanyakan itu ke lawan "lawanku, salahku di mana? kok kamu ngambek?", sehingga kamu bisa mengerti dan terhindar dari mengulangi kesalahan yang sama. Mungkin, kadang, acapkali, kamu mendengar player bilang "Udah lama ga main nih", ya lama tidak bermain membuat kita lebih mudah missplay. Semakin berpengalaman seseorang dan mau belajar dari pengalamannya orang akan semakin bijak. Duelist semakin sadar kalau mendekati banlist apakah sebaiknya beli kartu jago playset sekaligus, atau empat saja.

Sekian, terima kasih yang sudah mampir.
Salam Super Rare.

1 komentar:

Agar yang lain makin paham, yuk berkomentar!

© 2014 Meta-Gamers. WP Wildweblab converted by Bloggertheme9