17 April 2015

Search Dulu atau Draw Dulu?

Pot Of Desire
Akhir-akhir ini lagi musim diskusi tentang banyak hal yang dekat di mata dan patut diperbincangkan (?) contohnya kayak gini : mending Bubur diaduk atau ga diaduk?, mending telur ceplok setengah mateng atau setengah mentah ?, kalau makan sayur, makan tomatnya dulu atau kubisnya dulu ?. Nah buat para duelist boleh dong kita bahas yang serupa tapi tentu aja berhubungan dengan card game. beberapa kali saya lihat di komunitas tertentu di bahas, mending search dulu atau ngedraw dulu?
Search and Draw memang sama-sama ambil kartu dari deck, namun beda di ke tingkat kepastian kartu yang diambil, ngedraw itu random sedangkan search kamu milih apa yang mau diambil. Karena perbedaan ini, ketika dihadapkan pada situasi kamu bisa search dan draw bergantian di turn yang sama, jika kamu mengubah urutan search dan draw maka hasilnya pun bisa berbeda. Sebelum lanjut baca, monggo yang mau aduk-aduk teh (kalau ini jelas diaduk) yang menemani bubur ayam kamu, hati-hati pas minum, sendoknya disingkirkan biar ga nyolok mata.

Sebenarnya mana yang lebih bijak ngesearch dulu atau ngedraw dulu, itu ngeliat tujuannya, dari meta-gamers bagi tujuannya jadi ini :

1. Meningkatkan chance menarik sebuah kartu dari deck yang tidak bisa disearch.
Dengan tujuan seperti ini maka yang perlu kamu lakukan adalah search dulu. Misal chance sebelumnya ngedraw dark hole 1/30, dengan search yang berarti ngurangi kartu di deck, chancenya jadi 1/29.

2. Tidak ingin meningkatkan chance menarik sebuah kartu yang tidak diinginkan.
Sama dengan point nomor satu, tapi ini kebalikannya. Misal udah late game Life point tinggal dikit, hand kamu ada 1 searcher dan 1 drawer, sebutlah Reinforcement of The Army dan Upstart Goblin, kamu gamau ngedraw Solemn Warning di saat seperti ini, maka yang kamu lakukan adalah aktifkan Upstart Goblin terlebih dahulu saat jumlah deck belum berkurang karena ngesearch.

Katakanlah chance ngedraw Solemn warning 1/3.  tapi kalau kamu udah ngesearch pake ROTA yang berarti ngurangi kartu di deck, chance ngedraw solemn warning jadi 1/2.

3. Mengumpulkan combo piece.
Tidak ada combo piece sama sekali di hand kamu, dengan ngedraw terlebih dahulu maka kamu bisa menentukan apa yang perlu di seach setelah melihat kartu yang di draw, tinggal apa yang kurang.

Contoh kasus : Hand kamu satu ROTA satu Upstart (ini lagi), 
Pilihan target ROTA kamu ada Shrit atau Necloth of Clausolas atau H.C. Assault Halberd dan satu Ritual Spell. Kalau kamu sudah terlanjur ambil salah satu dari tiga tadi, maka kamu bakal sangat berharap hasil draw upstart playable atau tidak. Lain halnya jika kamu ngedraw dlu, 

apakah kamu bakal dapet kartu yang bisa di combo dengan Clausolas semacam Manju, Brionac dsb?
atau yang bisa di kombo dengan Assault Halberd seperti monster level 4 atau Instant Fusion dsb?
atau yang butuh Shrit?

Nah tiga hal tadi bisa jadi acuan buat apa yang mau kamu lakukan kalau hadapi situasi demikian.
Bagaimana pendapat kamu?

Ingat, aduk tidak diaduk itu selera kamu, yang penting hati kamu ga diaduk-aduk

Sekian dikit aja,
Thanks yang udah mampir,
Salam Super Rare.

0 comments:

Agar yang lain makin paham, yuk berkomentar!

© 2014 Meta-Gamers. WP Wildweblab converted by Bloggertheme9