03 April 2015

Tricky Play on Yugioh - Introduction

Kalau kamu kebetulan ketemu duelist jago, dan mereka lagi tricky play kamu seolah-olah kena tipu muslihat, dan move kamu jadi banyak yang ga berguna. Misal nih Ngeveiler Deep Sea Diva lawan, eh malah lawan aktifin e-con, dan nyulik momon kamu, efek deep sea diva tetep jalan. Sampai sini paham kan yang saya maksud dengan tricky play?. Ya deck yang tricky punya combo dan potensi mengubah kondisi field tapi sulit di stop karena decknya memiliki kartu-kartu yang bisa diaktifkan di berbagai timing, monster-monsternya punya Quick Effect, Spell Quickplay, Trap yang chainable dan bisa dipake di berbagai situasi.

Berikut ini ciri-ciri kartu Potensial buat Tricky Play menurut Meta-Gamers.

Quick Play Spell
Gini Men, salah satu alasan kenapa Book of Moon ke limit, soalnya dia tricky banget men, Quick Play Spell bisa diaktifin di berbagai situasi kondisi, pada umumnya bisa langsung diaktifin di turn kamu dari hand tanpa perlu di set terlebih dahulu Men, kaan brooken Men.
*kenapa saya ga nulis semuanya, karena pernah liat ada yang minta di set dulu, tapi lupa namanya apa, atau cuma perasaan saya aja? kayak perasaan saya ke di.a

Quick Play punya Spell Speed 2, alias kamu bisa pakai buat ngechain something, contoh yang banyak terjadi : normal Summon monster yang trigger on Summon, misal The Amaaaazing Elemental HERO Airman, terus tiba-tiba men, lawan lempar veiler target Airman, jadi Chain Link 2, nah aktifin Book of Moon aja men, target Airman sebagai Chain Link 3, taraaaaa Airman kamu terselamatkan
Ngomongin soal HERO men, jangan lupa, mereka punya Mask Change yang bisa tiba-tiba munculin Dark Law saat Aktifkan ROTA, kan sedih kalau hand kamu cuma ROTA, niat ngesearch malah ke banish.

Trap
Trap memang pada dasarnya memiliki Spell Speed 2, dan yang dimaksud tricky di sini adalah yang bisa diaktifkan di beragam kondisi. Ga hanya Normal Trap, trap continuous juga. Contoh yang tricky kalau staple ada Compulsory Evacuation Device. Kalau support archetype tertentu ada Facing The Shadow, selain ngedump dia bahkan bisa ngflip Shaddoll yang udah kamu set di saat tidak terduga, hasilnya dia bisa berubah jadi MST, Compul, dll Broken deh.

Itu tadi yang Normal Trap, kalau continuous? asal punya effect yang juga sifatnya Quick Effect, trap continuous bisa jadi Tricky. Contoh yang agak tenar ada Dark Smog punya Dark World yang bisa tiba2 buang Grapha buat jedor, Corrosive Contagion of the Invasion punya Lswarm, nyebelin kan niat ngilangin satu random evilswarm di field, eh dia ilang terus malah berubah jadi Kerykeion di hand.

Monster dengan Quick Effect
Quick Effect Monster memang nyebelin, deck Chain Beat yang ada Wind-Up Rabbit dan Evilswarm Thunderbird begitu lincah lompat ke banish buat ngedodge efek Black Garden dan hal-hal tricky lain. Quick effect memang macem-macem ada juga macam negator kayak Cyber Dragon Infinity, Shi En dll. Tapi yang non effect negator malah abusable buat macem-macem. Inget ada Xyz monster dengan Quick Effect yang broken Evilswarm Exciton Knight. Effect jedornya itu Quick jadi bisa ngechain kalau lawan open BTH saat turunin Exciton. Coba liat video ARGCS Hartford Aaron Chase Furman (Nekroz) Vs Samuel Nunez (Burning Abyss), Furman berhasil lolos dari 2 Mistake Nunez, dengan keluarin Exciton terus ngakali jumlah hand biar sesuai syarat bisa dilihat di 3:14.

Monster yang mudah di Trigger kartu Spell Speed 2 
Intinya monster ini bisa jadi momok nyebelin, Sebut saja ada Mermail Abysslinde, Dandylion, dll. Linde yang cuma minta syarat triggernya destroy, dan bisa kapanpun jadi kartu berpotensi Tricky, lawan summon something kamu torrent dan linde ketrigger effectnya. Cuma gara-gara Linde Mermail Player bisa berakrobat di turn lawan.

Tricky play buat player yang cukup berpengalaman adalah sebuah kesenangan tersendiri, bisa bermain-main memanipulasi field, atur chain link dll demi kecuanan maksimal dan lawan minus maksimal, kalau pengen ganteng maksimal pakai aja Faslin Man. Nah artikel tentang Tricky Play on Yugioh ini jadi artikel series di Meta-Gamers, tunjukkan kelanjutannya ya.

Sekian, thanks sudah mau mampir.
Salam Super Rare.

1 komentar:

Agar yang lain makin paham, yuk berkomentar!

© 2014 Meta-Gamers. WP Wildweblab converted by Bloggertheme9