19 Januari 2013

Menyambut Newbie di Komunitas

Hai Duelist
Kali ini Meta-Gamers bakal membahas mengenai gimana si menghadapi newbie, tentu saja newbie boleh ikut baca ini, biar tahu, sebenernya bagaimana perjuangan dalam menjaring anggota baru dan menjaga keutuhan komunitas. Bisa dianggap ini curhatan dari pengalaman dari admin Meta-Gamers. Sebelumnya juga ada post tentang newbie juga kalau belum baca Hunting Newbie.

Biar mempermudah penulisan artikel, dan enak dibaca, penulisan jadi seperti ini.
(g ada maksud mendiskriminasi lho ya). Baca artikel ini dengan hati terbuka, mohon maaf kalau ada yang tersinggung, dan kalau mau kritik dan saran boleh comment di bawah. Ok langsung saja.


1. Newbie yang terbuka
Newbie yang memang sangat mudah bergaul, bahkan dari awal memang ada niatan buat cari komunitas Yugi biar bisa diikuti, beberapa sangat antusias bertanya mengenai kegiatan komunitas. Newbie yang seperti ini bahkan bisa punya peran untuk membuat komunitas semakin dinamis.

2. Newbie pemalu
Biasanya ditemukan di tingkat Sekolah, seolah pengen ikut main, tapi malu-malu, sering bermain dengan teman dekatnya, dan sering curcol, malu kalau dia cupu, kartunya dikit, dll. Duelist seperti ini membutuhkan pendekatan khusus (no homo), lebih baik pada awalnya ajak dia main di tempat yang lebih dekat dengan dia dalam arti jarak maupun tingkat kenalnya dia dengan tempat itu.

3. Newbie bermasalah
Masalah memang artinya luas, biar mudah di bagian ini dibagi lagi menjadi bagian secara umum :
a. Newbie yang kesulitan mengakses komunitas (baik jarak, maupun waktu).
Tiap komunitas pada umumnya memiliki grup di jejaring sosial, berbagai informasi yang dibutuhkan bagi newbie semacam ini bisa diberikan lewat situ. Yang penting bisa membangun kemauan dia dan bisa juga memberikan akses ke komunitas padanya dengan memberi tugas pada anggota komunitas yang memiliki rumah dekat dengan dia
b. Newbie yang memiliki sikap bermasalah
Ini memang cukup berat, duelist seperti ini sebaiknya tidak langsung dijauhi, tetapi bagaimana komunitas mendiskusikan bagaimana bisa menemukan solusi terbaik

4. Newbie dalam arti sebenarnya
Bukan hanya pendatang baru di komunitas, tetapi juga baru mencoba bermain yugi, komunitas perlu memberikan kemudahan bagi newbie ini untuk mengakses informasi seputar dueling. Penggunaan analogi dalam pengenalan ruling bisa menjadi pilihan yang tepat dan efektif.

5. Duelist from Cyber World
Mereka banyak yang memiliki keinginan terpendam bisa bermain IRL. Ada yang sama sekali belum punya modal kartu, solusi bisa memperbolehkan dia menggunakan kartu print, tentu dengan ditemani yang lain, agar dia tetap merasa nyaman karena tidak hanya dia yang memakai print, meminjami dia deck juga bisa menjadi alternatif. Dan tetap memberi tahukan dia bahwa duel dengan tatap muka bisa menjadi lebih menyenangkan karena bisa melihat berbagai ekspresi lawan.

6. Duelist yang bangkit dari tidur panjang
Yang dimaksud di sini bukan anggota komunitas yang vakum, tapi duelist yang baru mengenal Yugi dari era sebelum Synchro, beberapa di antara mereka menolak duel yang menggunakan Synchro dan Xyz, karena belum terbiasa dengan speed game yang cepat, penjelasan bisa diberikan sedikit demi sedikit, mulai dari deck building yang seperti bagaimana yang tepat untuk meta sekarang. Bisa memberi saran pada dia untuk menggunakan deck antimeta atau deck lain yang speed dan playstylenya familiar dengan deck-deck zaman sebelum Synchro.

Penjelasan di atas memang baru secara umum, tentu saja cara penyambutan tiap komunitas memunyai ciri khas masing-masing.

Sekian dulu, terima kasih buat yang mau mampir : )

1 komentar:

  1. wkwkwk jadi ane masuk Duelist yang bangkit dari tidur panjang? dulu sering banget main yugi forbidden memories PS1 & yugi GX tag force PS2. Dan dulu sempet ngoleksi kartu. tapi semuanya.... hilang. Pernah beli kartu fake didalemnya ada kartu putih putih, ane gak tau dan ane buang. sekarang ane baru tahu kalo itu synchro ._.

    BalasHapus

Agar yang lain makin paham, yuk berkomentar!

© 2014 Meta-Gamers. WP Wildweblab converted by Bloggertheme9