16 Maret 2015

Rebuild Deck for The Upcoming Meta & April 2015 Banlist

Ada beragam cara player buat bertahan hadapi meta, di antaranya memilih untuk ganti deck baru, atau mengganti tech di deck. Tidak selamanya rebuild deck adalah dengan meningkatkan konsistensi main combo kamu? bisa jadi kamu terpaksa harus mengubah alur combo utama, bahkan berbeda sama sekali apa yang kamu lakukan di first turn pada format sebelumnya dengan format sekarang atau format yang akan datang, meskipun deck kamu tidak terpengaruh banlist maupun tidak memeroleh support baru.

Ganti staple di deck.
Dulu mungkin kamu backrowless atau lebih memilih respon attack daripada respon summon. Katakanlah kamu memaksimalkan jumlah mirror force dan dimensional prison, dan kamu sadar dua kartu tadi tidak efektif di meta tempat kamu main karena banyak Ritual Beast misalnya, akhirnya kamu harus mencari kartu yang bisa dipakai untuk respon summon meskipun kartu itu membutuhkan cost, seperti Phoenix Wind Wing Blast dan Raigeki Break. Ibarat side decking, keluarin kartu ga guna buat hadapi meta, dan masukan yang efektif. Kini gara2 Mermail Atlantean banyak player kembali main decking 3 Veiler, meskipun tetep ngebawa Fiendish. Lebih baik discard 1 kartu daripada kamu kehilangan 2 kartu kan?

Banyak yang berusaha memaksimalkan jumlah MST di decknya di meta kemarin karena Emptiness berkliaran, kecuali jika momon di decknya udah ada yg bisa jedor backrow dengan mudah, namun ada juga main decking Night Beam buat tebak-tebakan ngilangin spell/trap chainable macam Sinister Shadow Games, dengan dilimitnya emptiness dan bertebaran deck low backrow macam Infernoid, Mermail Atlantean yang tidak membawa Abyss Sphere, slot backrow removal bisa kamu pikirkan ulang. Namun ingat Night Beam masih bisa buat akali Ritual Beast.

Ubah atau ganti combo utama deck
Karakuri first turn ngincer draw dengan keluarin Bureido sebanyak mungkin ditambah dengan Mechquipeed Angineer, atau tanuki yang fokus langsung ke Token + Gachi. Namun keberadaan deck top tier yang fokus pada spell seperti Nekroz, maka alur utama dipindah ke Naturia Beast.
Contoh yang keliatan di meta sekarang, mermail atlantean setelah melakukan combo Diva-Prince-Moulinglacia berusaha mengakhiri turn dengan meninggalkan Herald of Arc Light untuk menghadapi Infernoid.

Maindecking kartu yang biasa Side Deck
Udah di bahas dikit di artikel sebelumnya, be wise aja sih, mana yang terbaik buat kamu, dan ingat Emptiness sekarang limit kakak. Dengan kecepatan deck Igknight, Zefra dan Pendulum based deck yang mungkin bakal muncul lagi, kartu2 aneh macam Anti-Spell Fragrance bisa jadi pilihan, kamu dapet second? ya mungkin veiler dan Maxx C bisa jadi pilihan.

Masukin tech atau engine di deck.
Buat yang suka bereksperimen, dan bosen karena decknya gitu2 aja? Oke kita bahas aneh-aneh di sini :

1. Herald of Arc Light Access
Banyak decklist Deskbot Nekroz kamu temui di internet kayak yang ada di sini, karena konsistensi djinn lock yang sudah berkurang karena banlist desember, nekroz player nyoba engine ini untuk akses ke Arc Light. Dan voila kamu juga bisa meninggalkan Arc Light sebagai Flood Gate, atau pakai sebagai negator. Kayaknya memang Arc Light lagi naik daun.

2.  Naturia Beast Access
Spell Striker+T.G. Striker+ROTA bisa bantu akses ke Naturia Beast, Madolche dan Tanuki yang make tech ini. Ada juga yang iseng bawa E-Tele di Qliphort, Emergency Teleport dipake buat SS Re-Cover, dan tentu saja jangan pasang Qli kamu di pendulum scale waktu mau ngeluarin Naturia Beast.

3. The Monarch Stormforth
Kebanyakan memang baru sekedar bawa di side deck ditemani dengan Vanity's Fiend dan atau Majesty's Fiend, Stormforth dipakai buat ngatasin momon bos lawan sekaligus nurunin momon kamu yang berpotensi turn table. Apalagi sekarang El Shaddoll Winda jadi tiga lagi, enak buat mirror match Shaddoll, jadikan Winda lawan sebagai bahan tribute summon Shaddoll Beast.


4. Stellarknight Sacred Dia Access
Si Dia yang lebih suka kamu panggil Diamond, sekarang jadi bisa diakses 4 axis gara2 Ptolemaios, jadi ajak si Dia saat kamu lagi main (?) cocok buat beberapa deck yang butuh mill deck Dark dll.



Planetellarknight Ptolemaios
2 or more Level 4 monsters
Once per chain, during either player's turn: You can detach 3 Xyz Materials from this card; Special Summon from your Extra Deck, 1 monster that is 1 Rank higher than this card, except a "Number" monster, by using this face-up card you control as the Xyz Material. (This Special Summon is treated as an Xyz Summon. Xyz Materials attached to this card also become Xyz Materials on the Summoned monster.) You can detach 7 Xyz Materials from this card; skip your opponent's next turn. During each End Phase: You can attach 1 "Stellarknight" card from your Extra Deck to this card as an Xyz Material.

Stellarknight Sacred Dia
3 or more Level 5 LIGHT monsters
During your Main Phase 2, you can also Xyz Summon this card by using a "tellarknight" Xyz Monster you control as the Xyz Material, except "Stellarknight Constellar Diamond". (Xyz Materials attached to that monster also become Xyz Materials on this card.) While this card has Xyz Material, neither player can send cards from the Deck to the Graveyard, and any card that returns from the Graveyard to the hand is banished instead. During either player's turn, when an opponent's DARK monster activates its effect: You can detach 1 Xyz Material from this card; negate that activation, and if you do, destroy it.

Jadi setelah ngeliat mulai muncul replay testing di YGOPro combo2 dan deck masa depan yang broken kayak Igknight sebagai engine Infernity, Cyber Dragon Infinity yang splashable ke berbagai deck 4 axis gara2 Ptolemaios dll. serta Banlist OCG April baru saja ketahuan dari scan jump, kira2 apa yang bakal kamu lakukan pada deck kamu buat hadapinya?

APRIL 2015 BANLIST

Newly Forbidden:

Blaster, Dragon Ruler of Infernos
Redox, Dragon Ruler of Boulders
Tempest, Dragon Ruler of Storms
Tidal, Dragon Ruler of Waterfalls
El Shaddoll Construct

Newly Limited:

Dark Magician of Chaos (With Errata)
Kuribandit
Mathematician
Nekroz of Brionac
El Shaddoll Fusion
Nekroz Cycle
Saqlifice
Vanity’s Emptiness

Newly Semi-Limited:

Manju of the Ten Thousand Hands
Qliphort Scout
Wind-Up Carrier Zenmaity
Formula Synchron

Newly Unlimited:

Archlord Kristya
Inzektor Hornet
Brotherhood of the Fire Fist – Rooster
Burner, Dragon Ruler of Sparks
Lightning, Dragon Ruler of Drafts
Senju of the Thousand Hands
Sinister Serpent
Stream, Dragon Ruler of Droplets
Reactan, Dragon Ruler of Pebbles
El Shaddoll Winda
Legendary Six Samurai – Shi En
Number 11: Big Eye
Monster Gate
Temple of the Kings
Exchange of the Spirit

Source: ygorganization.com

Banlist Effect
Seperti biasa player di awal banlist akan coba-coba beberapa deck yang salah satu keycardnya dapet kelonggaran banlist, seperti Wind-Up, Six Sam, Fire Fist. Yang tidak tersentuh banlist kali ini deck jago macam Mermail Atlantean, Infernoid serta Stellarknight dan deck potensial kayak Yosenju dan Ritual Beast, eeeeh wait Tempest kena. Di Indonesia terutama player OCG mungkin Mermail Atlantean tidak sebanyak 4 deck lainnya. Jadi pertimbangan main decking veiler harus dipikirkan ulang.

Djinn Lock masih bisa dilakukan oleh Nekroz meskipun konsistensi sudah turun karena limitnya brionac. Kini Nekroz player mungkin lebih menghindari penggunaan Abysspike karena berkurangnya jumlah Nekroz Cycle. Sedangkan jumlah deck yang masih cukup banyak di tournamen yaitu Shaddoll kehilangan potensi OTK cukup jauh karena limitnya El Shaddoll Fusion dan tidak adanya Nephilim, no more dump Eclipse via Shafus. Qliphort pun bernasib turun konsistensi, dan Saqlifice yang cuma 1 paling tidak membuat pertahanan Qli di first turn kalau tidak bisa akases Sqout, dengan summon 1 plus equip akan lebih jarang terjadi. Mungkinkah Odd-Eyes Pendulum Dragon akan kembali?.

thanks ya udah mau mampir
salam super rare

-V1ctory-

0 comments:

Agar yang lain makin paham, yuk berkomentar!

© 2014 Meta-Gamers. WP Wildweblab converted by Bloggertheme9