Rabu, 30 Januari 2013

Mystical Space Typhoon - Bukan S/T Removal Biasa

Kebetulan saat ini di komunitasku bermunculan banyak newbie, yang butuh ruling/info dasar, jadi kepikiran aja buat artikel ini. Mungkin membosankan buat yang udah advance maupun pro, tapi boleh kok tinggalkan komen di bawah, kalo punya tips yang belum ditulis di sini.

Setiap duelist tentu mengenal ini, banyak yang pakai dan tidak sedikit yang memaksimalkan jumlah penggunaanya. Kartu yang sering direprint hingga 28 kali ini menjadi spell/trap removal terpopuler hingga sekarang menemani Heavy Storm, meskipun banyak spell/trap removal baru bermunculan, dan terakhir Night Beam dari Booster Galactic Overlord yang banyak dipakai di deck Bubble Beat, tetap belum ada yang sanggup menggantikan secara penuh kedudukannya sebagai pilihan utama para duelist.

Kali ini Meta-gamers membahas spell yang pertama kali punya versi Ghost Rare di TCG ini hingga tips mengabuse (memaksimalkan) potensi dari kartu ini, agar nilai plus untuk kamu dan nilai minus buat lawan kamu semakin besar.


ctarrr membahana


Mystical Space Typhoon
Group: Spell Card
Type: Spell
Icon:Quick-Play
Target 1 Spell/Trap Card on the field; destroy that target

Kelebihan dia dibanding spell/trap removal lain dilihat dari statusnya :
  1. Spell Card, berarti dia bisa diaktifkan di turn kita, sebelum kita melakukan move, mengurangi jumlah backrow lawan, dapat mengurangi chance move kita diganggu, berbeda dengan Dust Tornado yang merupakan trap, kelamaan, perlu nunggu karena di set dulu
  2. Quick Play, bisa diaktifkan di setiap phase, termasuk battle phase (kecuali damage step) bahkan setelah di set, bisa diaktifkan di end phase lawan untuk memberi kesan kejutan, berbeda dengan Night Beam yang merupakan Normal Spell Card, hanya bisa dalam main phase
  3. Target 1 Spell/Trap Card on the field; destroy that target, simple, bisa pilih yang ada di side manapun, baik milik sendiri, maupun spell/trap lawan, berbeda dengan Heavy Storm yang juga menyapu bersih spell/trap sendiri.
Tips & trick

-Membuat lawan minus lebih banyak :
Sekilas kartu yang namanya populer dengan singkatan MST ini cuma destroy 1 kartu, alias cuma bikin minus satu, one for one lah, tapi kalau bisa akalinnya, bisa bikin lawan lebih minus lho.

  • Memancing MST lawan. Example : Kamu punya MST, set MST untuk bluffing, pas giliran lawan, lawan bisa menganggap MST kamu trap mengerikan dan dia aktifkan MST untuk hancurkannya, MST lawan jadi chain link 1, dan jadikan MSTmu chain link 2, target spell/trap lawan yang lain, maka kamu membuat lawan minus 2 kartu (1 MST lawan dan 1 Spell/Trap lain).
  • Menunggu lawan membayar cost effect spell/trap yang perlu face-up di field agar effectnya bisa resolve (Continuous Spell, Field Spell, Equip, Continuous Trap). Example : lawan punya "Dragon Ravine"(Field/Once per turn, during your Main Phase, you can discard 1 card to activate 1 of these effects: • Add 1 Level 4 or lower "Dragunity" monster from your Deck to your hand. • Send 1 Dragon-Type monster from your Deck to the Graveyard.) dan kamu punya MST yang sudah diset, lawan aktifkan eff Ravine, bayar cost discard 1 kartu, aktifkan MST sbg Chain Link 2 target Ravine, maka effect Ravine tidak resolve karena tidak lagi face-up di field. Lawan minus 2 (1 Dragon Ravine, 1 yang didiscard sebagai cost ravine).
  • Destroy Equip/Continuous Spell,Trap/Field Spell yang mengubah status atk/def saat monster yang terpengaruh declare attack. Example : Lawan Punya Red-Eyes B. Dragon berequip United We Stand, kamu mempunyai Blue-Eyes White Dragon attack position, saat lawan declare attack dengan Red-Eyes menarget Blue-Eyes, aktifkan MST target United We Stand, maka attack Red-Eyes balik jadi 2400 lagi, dan kalah badak. Kasus serupa bisa kamu temui saat lawan Inzektor dan yang lagi naik daun "Fire Fist".

-Menghadapi spell/trap chainable/special :
Sejak dilepasnya MST menjadi boleh digunakan 3 copy, membuat banyak duelist memilih spell/trap chainable, nah timing yang tepat bisa merusak harapan lawan yang bergantung pada jenis spell/trap ini, serta bisa memberi efek kejutan
  • Set MST dan aktifkan saat end phase lawan. Quick Play Spell dan Trap yang bisa diaktifkan di berbagai timing, tetap tidak bisa diaktifkan di turn dia diset, adapula spell/trap yang menjadi tidak berguna jika diaktifkan saat end phase. Example : Destroy Waboku/Threatening Roar saat End Phase lawan.
  • Hadapi Night Beam. Lore Night Beam buat yang ga apal : Target 1 Set Spell/Trap Card your opponent controls; destroy that target. Your opponent cannot activate the targeted card in response to this card's activation. Misal kamu punya Waboku dan MST yang diset, lawan aktifkan Night Beam target Waboku kamu, kamu bisa aktifkan MST sebagai Chain Link 2 terhadap Night Beam, maka kamu bisa aktifkan Waboku sebagai Chain Link 3, yang artinya lolos dari restriksi Night Beam "response to this card's activation".
Selain dari 2 kategori di atas masih banyak cara mengabuse MST, misal untuk menyelamatkan Stardust Dragon milik sendiri, saat ada hal yang membahayakn Stardust bisa aktifkan MST untuk target sembarang spell/trap, selain MST sendiri tentunya, dan Effect Stardust diaktifkan merespon MST tadi, Stardust jadi selamat sampai end phase (kalau di grave g kenapa2). Mentrigger effect Spell/Trap sendiri yang aktif saat destroy (Wild Tornado, Geartown) dsb.

Saat nulis artikel ini baru ini yang kepikiran, maybe kamu punya sesuatu yang baru?
Terima kasih buat yang udah mau mampir.
Sekian

Sumber : Yugioh.wikia.com

8 komentar:

  1. pengalaman sih walopun ga selalu akurat. Lawan water deck lebih baik save mst kamu, karena backrow lawan sudah hampir pasti 80% abyss-sphere (buat yang advance).daripada random mst malah ancur sesuatu di fieldmu (spike ke infantry/marksman) ato muncul boss monster (linde ke megalo).

    BalasHapus
  2. Bisa juga bikin minus dw, dgn menghancurkkan gates nya. Cara nya?? Pasti smua tau lah.

    BalasHapus
  3. Thanks Mas Luk

    BalasHapus
  4. Yup, kalau lawan punya spell/trap yang berupa equip/continuous imba kayak gitu, dan bawa s/t removal banyak, mending MSTnya di keep

    BalasHapus
  5. Yup, g beda jauh sama Dragon Ravine, g ambil contoh pake DW yang sekarang lebih populer, gr2 g enak sama newbie di komunitas yg pake DW, ntar kesannya kasih tips secara langsung buat mojokin dia

    BalasHapus
  6. memberi ralat dikit. justru abyss-sphere lah satu2nya target yang "jelas" kalo lawan mermail, jadi jangan malah di keep untuk yg lebih jelas, bisa2 malah mati di tangan gara2 musuh udah ga set trap lagi, LOL.
    tapi lawan mermail, kalo musuh udah set kartu, pas giliran kita MST nya emang jangan di set, tungguin dia aktifin spherenya, baru chain. ga SS deh. hehe.
    CMIIW and keep dueling.

    BalasHapus
  7. Yup, thanks kakak, bisa di set juga buat ngechain...
    Tapi memang butuh intuisi juga buat beginian

    BalasHapus