14 Februari 2011

Priority

#Apa itu priority ?

Priority adalah kesempatan yang didapat TP (turn player) untuk melakukan sesuatu sebelum NTP (non-turn player).
Detilnya ada 3 kategori untuk mempermudah :
1. Kesempatan yang diberikan kepada TP untuk mengaktifkan segala sesuatu dengan spell speed 2 atau lebih setelah suatu efek selesai resolve (suatu chain selesai) sebelum NTP.
2. Kesempatan yang diberikan kepada TP untuk mengaktifkan segala sesuatu dengan spell speed 1 atau lebih, atau melakukan summon ketika memasuki "phase baru" sebelum NTP.
3. Kesempatan yang diberikan kepada TP untuk mengaktifkan Ignition effect atau spell speed 2 atau lebih setelah suatu summon berhasil sebelum NTP.


#Monster bisa priority ?
Priority dimiliki oleh player, bukan monster, aturannya baca ketiga point diatas.


#Kok gw gak bisa mengaktifkan efek (spc summon monster dari deck) summoner monk setelah me-normal summon atau mem-flip summon dia ?
Lihat point 3 penjelasan diatas. Pada point tersebut berkaitan dengan spell atau efek ignition yang memiliki spell speed 1. Spell dan efek yang memiliki spell speed 1 tidak bisa di chain terhadap apapun (lihat rulebook mengenai spell speed).
Sehingga jika kesempatan TP untuk mengaktifkan Ignition effect diserobot oleh trigger effect ataupun efek lain yang memiliki spell speed 2 atau lebih (baik milik TP maupun milik NTP), maka TP harus menunggu hingga efek yang telah aktif (chain yang telah dibuat) selesai resolve terlebih dahulu sebelum bisa mengaktifkan Ignition effect tersebut.
Misal pada kasus summoner monk, setelah summoner monk selesai di summon, kesempatan kamu untuk mengaktifkan efeknya "diserobot" oleh efek lain, yaitu efek summoner monk (trigger effect) yang mengubah diri menjadi posisi defense. Kamu harus menunggu hingga efek summoner monk tersebut resolve sebelum mengaktifkan efek Ignition-nya.


#K'lo gw synchro brionac pake dandylion kok gak boleh lansung aktifin efeknya?
sama seperti summoner monk diatas, setelah brionac selesai disummon, efek trigger dandy langsung menyerobot aktif, jadi kamu gak bisa mengaktifkan efek Ignition brionac saat itu dan harus menunggu dandylion resolve (2 token disummon).


#Jadi kesimpulan point no.3 itu setelah summon boleh langsung aktifin efek Ignition kecuali kalau diserobot efek trigger?
Kurang lebih begitu.


#Masih gak mudeng nih ama point 2...
Sebagai TP, kamu memiliki kesempatan untuk mengaktifkan apapun atau mensummon sesuatu (di main phase) sebelum NTP melakukan apapun.
Jadi misalnya sekarang draw phase kamu, kamu punya kesempatan untuk mengaktifkan apapun yang bisa diaktifkan di draw phase sebelum lawan.
Contoh: kamu bisa mengaktifkan Emergency Teleport yang kamu draw (normal draw) sebelum lawan kamu mengatifkan drop off atau drastic drop off. Contoh lain : Kamu iseng mengaktifkan MST sehingga kartu di tanganmu menjadi 3 sebelum lawan mengaktifkan Trap Dustshoot.


#Kalau point no. 1 ?
Misalnya kartu di hand TP 3, lalu dia mengaktifkan Pot of Greed sehinga setelah resolve kartu di tangan menjadi 4. Sebelum NTP bisa mengaktifkan trap dustshoot, TP bisa mengaktifkan spell speed 2 atau lebih (misal dari tangan) dan mengakibatkan NTP tidak bisa mengaktifkan trap dustshoot (karena kartu di tangan TP hanya 3).
Contoh simple & iseng : kamu mengaktifkan Reinforcement of the Army, dan mengambil Necro Gardna. Kamu bisa mengaktifkan efek Raigeki Break dengan mendiscard gardna sebagai cost sebelum lawan mengaktifkan Mind Crush untuk membuang gardna dari hand kamu.

http://yugiohindonesia.10.forumer.com/viewtopic.php?t=5524

0 comments:

Agar yang lain makin paham, yuk berkomentar!

© 2014 Meta-Gamers. WP Wildweblab converted by Bloggertheme9