15 Juli 2012

Retaliation - Semua perbuatan akan mendapat balasan

Kartu-kartu dari set Abyss Rising udah ke reveal semua. Ada satu kartu yang paling menarik perhatianku, dan bisa saja punya pengaruh yang lumayan di meta ke depan, ini dia
dia dilempari batu bukan gara-gara maling sandal

しっぺ返し(Shippekaeshi)/Retaliation
Group: Trap Card
Type: Trap
Icon:Counter
When your opponent activates a card with the same name as a Spell/Trap Card in your Graveyard: Negate the activation, and if you do, destroy that card, then you can add 1 card from your Graveyard with the same name as the destroyed card to your hand.

Kita bahas dari trivia dulu :
Dengan rilisnya kartu ini, cerita sang raja ini makin jelas (lanjutan dari Sudden Reversal).
Keliatan kalau para rakyat melempari dia dengan batu, kalau dari nama kartunya ya gara2 rakyat menuntut balas, bukan gr2 dia g pakai baju (inspirasi dari cerita The Emperor's New Clothes)

Sekarang bahas effectnya :
When your opponent activates a card with the same name as a Spell/Trap Card in your Graveyard: Negate the activation, and if you do, destroy that card. Ya, dia bisa negate spell trap apapun, asal di grave kita ada yang namanya sama, berarti kartu ini sangat berguna buat negate kartu-kartu staple dan lebih usable lagi kalau mirror match, dan dia g minta cost, alias kita g minus banyak.
then you can add 1 card from your Graveyard with the same name as the destroyed card to your hand.
negate tanpa cost aja udah lumayan, apalagi bisa add kembali kartu yang udah kita pakai.

Contoh kondisi pemakaian Retaliation
-Misal kamu udah pakai Heavy Storm buat bersih-bersih, set 3 kartu, salah satunya retaliation ini, tinggal nunggu lawan aktifkan Heavy Storm juga kalau anda beruntung, dan kamu bakal bisa pakai Heavy Storm lagi
-Dengan mencek isi grave lawan, dan dalam kondisi kamu masih control permainan, kamu bisa mencegah pemakaian kartu yang bisa membalikkan keadaan kayak Dark Hole maupun Monster Reborn, dan next turn kamu bisa pakai kartunya
-Mirror Match, misal Chaos Dragon vs Chaos Dragon, kamu bisa negate Solar Recharge lawan sekaligus pakai lagi (ini chance dapat kondisinya lebih besar, gr2 udah ke mill, dan karena banyak yang bawa Solar 3 lembar)
-Negate Solemn Warning/Judgment gratis, dan paling enak negate judgment, dan bisa membawa kamu seperti ke era Judgment belum di limit.
-Negate Retaliation

Kekurangan :
-Bisa jadi dead card, karena harus nunggu kita punya spell/trap di grave, ini berarti kartu ini jelek di early game, otomatis menjadi lebih berguna kalau di mid/late game. Ini juga berarti perlu tahu tentang berapa banyak kartu yang sama.
-Kurang cocok ketemu deck non-meta yang staple di decknya lebih dikit, misal ketemu final countdown yang g bawa Heavy Storm, Monsreb, Torrent, dan Mirror

Dengan hanya melihat sekilas memang ada kemungkinan Retaliation bisa menjadi staple, tapi harus dipikirkan baik-baik, slot, dan tingkat bikin bad hand kalau masuk main deck, apakah cocok menjadi kartu yang masuk di side deck.
Bagaimana menurut kamu?

Sekian dulu,
Salam Super Rare :)

thanks to : Shah_Lukh_Mhan

2 komentar:

  1. wah saran saya soal pemakaian kartu ini masuk blog juga..horee

    BalasHapus
  2. Kent_frostmourne15 Juli 2012 pukul 22.47

    ahahahahaha dilempari !

    BalasHapus

Agar yang lain makin paham, yuk berkomentar!

© 2014 Meta-Gamers. WP Wildweblab converted by Bloggertheme9