09 Februari 2013

Mengapa Surrender atau Scoop itu Penting dalam Yugioh?




Hai Duelist!
Selamat pagi buat yang baca post ini pagi hari,
Selamat siang kalau kamu baca pas siang-siang,
Selamat malam kalau baca setelah matahari terbenam.
Tapi tenang di artikel yang membahas Surrender/Scoop dalam Yugioh ini, tidak akan ada kalimat "Sudah makan belum?", "kok belum makan?" "sudah mandi belum?" karena tidak ada sangkut paut sama post, dan yang nulis juga bukan sosok yang ingin tahu lebih jauh tentang kamu. Udahlah mari kita cukupi ketidakjelasan ini.

Scoop alias Sekup alias Surrender alias nyerah, memang istilah yang tidak asing lagi untuk kita, namun masih ada beberapa yang menganggap ini tabu, meskipun masih ada yang menganggap ini tabu, di sini dijadikan sesuatu yang layak untuk diperbincangkan (keluar kertas-kertas dibakar, dipotong2 pakai cutter..., apapun yang kamu pikirkan ini bukan infotainment).
Yup, masih bisa ditemui walau sangat jarang, duelist yang menganggap scoop sesuatu yang tabu terutama bagi yang kenal Yugi dengan berbagai kalimat bijaknya, memegang teguh kalimat "aku akan berjuang hingga akhir", "Di kartu tangan tersembunyi kemungkinan" atau kamu ingat Yusei dan berharap tiba2 muncul kartu baru dan bisa langsung kamu pakai ketika terdesak saat duel. Oh ya, di Dulingnetwork dikenal istilah RageQuit, ya mungkin beda tipis si, tapi scoop yang akan dibahas bukan seperti itu.

Kenapa seorang duelist scoop?
Ada banyak alasan kenapa duelist scoop, biasanya :
- kartu di tangan super jelek
- lawan melakukan combo laknat, kayak ketemu Wind-up yg udah buka factory, magician, shark. atau ngeliat lawan keluarin 2 Quasar
- terdesak, tidak bisa membalikkan keadaan
- cuma bisa bertahan dan memperlambat datangnya kekalahan
- tiba-tiba ada urusan sama someone

Scoop? Why Not?
Bagi yang suka baca featured match tournament gede, kadang ditemui keadaan yang bisa menunjukkan salah-satu duelist scoop, entah mereveal hand, mengajak jabat tangan, dsb, dan ini dilakukan oleh seorang duelist yang jago. Meskipun intensitas seberapa sering scoop sekilas dianggap menaikkan intensitas kekalahan, dan scoop itu sendiri berarti kita merelakan lawan memeroleh poin dengan mudah. tapi sebenarnya scoop bisa menjadi sebuah taktik yang memberikan "keuntungan", sekali lagi "keuntungan" dan tingkat advantage itu tidaklah kecil.

Bagaimana agar scoop=advantage?
Berikut keuntungan yang bisa kamu dapat dari situasi dan kondisi yang tepat untuk scoop dalam tournament :

1. Di duel pertama dalam suatu match, sebelum lawan mengetahui deck yang kita gunakan.
Opening hand yang buruk saat baru memulai match bisa buat bad mood, ditambah lagi jika tahu lawan merupakan duelist pro yang menggunakan deck top tier.

Tapi tunggu dulu, ini timing untuk scoop yang bisa memberi banyak advantage. Bila hand kamu benar-benar ampas, dan perlawanan kamu dapat dipastikan tidak berarti, maka simpan kartu-kartu yang bisa memberi clue pada lawan deck apa yang kamu gunakan. Perhatikan deck apa yang digunakan dan playstyle lawan, lakukan scoop.

Nah, kamu bisa siding untuk menghadapi deck lawan kamu, sedangkan lawan masih belum tahu deck apa yang digunakan olehmu, kemungkinan besar di duel selanjutnya dia masih perlu menganalisa permainan kamu, lebih untung lagi jika lawan belum tahu playstyle kamu, dan dia tidak berani mengubah susunan decknya saat side decking karena belum tahu deck kamu.

Memang untuk ini kamu mengalami kerugian yang juga besar, kecurian 1 poin. Tapi keadaan yang memang buruk, lebih baik diolah agar tidak semakin buruk.

Catatan : Tentu saja menjadi percuma jika lawan kamu teman kamu sendiri, atau di suatu weekly tourney, lebih tepat digunakan saat melawan duelist yang masih asing denganmu.

2. Hemat Waktu
Dalam suatu tournament dengan time limit, manajemen waktu menjadi sangat penting, dan tidak sedikit player yang kurang suka jika harus kalah karena waktu yang sudah habis, tentu ini sangat dipengaruhi oleh berapa lama waktu yang diperlukan masing-masing duelist untuk berpikir. Tidak berbeda jauh dengan kondisi sebelumnya, kamu mengalami kebuntuan saat lawan mengontrol permainan. Lebih baik melakukan scoop daripada membuang banyak waktu sia-sia.

Baca juga: Cara agar Ash Blossom Lawan Tidak Aktif

3. Hemat Energi
Dengan kamu menghemat waktu dan pikiran kamu untuk berpikir keras dalam suatu kebuntuan yang terjadi di awal-awal tournnament = kamu menghemat energi untuk game selanjutnya yang bisa lebih crucial.

Masih enggan untuk scoop/surrender?

Sekian, terima kasih buat yang sudah mau mampir

Thanks to : Xeiryuu

4 komentar:

  1. Banyak keuntungan lho kalau di tourney :v

    BalasHapus
  2. Kalo lawan punya Fabled Unicore terus hand'nya sama.... kan sekupnya dinegate kk (?)

    BalasHapus

Agar yang lain makin paham, yuk berkomentar!

© 2014 Meta-Gamers. WP Wildweblab converted by Bloggertheme9