26 Februari 2013

SPACESHIP BEGINS - TAKE OFF


Hallo duelist di manapun kamu berada, terima kasih sudah mau  mengikuti di blog ini hingga sekarang, dan kini Blog Meta-Gamers sudah berumur 3 tahun. : )

Terpikirkan untuk membuat artikel khusus, kuputuskan untuk membahas Casual Deckku, tidak sedikit duelist yang cenderung menggunakan deck-deck tertentu dan tetap "setia" menjadikannya partner, meskipun meta terus berubah deck tersebut tetap dipertahankan juga direbuild berulang kali. Oke langsung saja, Deck Casualku itu bernama "Spaceship OTK".


Mungkin ada yang udah tahu dan ingat Deck yang menggemparkan Tournamen SHONEN JUMP Championship Nashville 2010 di masa Honest Unlimited, Alex Mitchell memperkenalkan deck bertema Spaceship ini.

Agar tidak menjadi post yang terlalu panjang, rencana kubuat menjadi tiga post
1. Spaceship Begins - TAKE OFF
2. Spaceship Forever - SPACE TIME !
3. Spaceship Returns - CASUAL DECK Part 1 , Part 2
*ada yang tahu kayak judul film apa?

Post yang pertama dari trilogi ini, membahas awal mula mengenal dan build deck ini.

Sekitar 3 tahun yang lalu, berawal dari keinginan membuat Deck Machine, nitip ke temen Structure Deck Machine fake, waktu itu diri masih menjadi duelist yang hanya memakai kartu counterfeit alias fake, dan akhirnya kudapati kardus kotak berisi Jade Knight, Lord British Space Fighter, Blue Thunder T-45 de el el, kucoba build decknya, awalnya masih bingung ini kok status atk dan defnya rendah. Setelah cek effectnya satu  persatu, , akhirnya mendapat info bahwa deck bertema Spaceship punya prestasi di sebuah tournamen besar.

Decklist
Waktu itu belum pernah melihat decklist dari tournament itu secara lengkap, akhirnya kubuild dengan kartu seadanya, meminta pendapat sana sini dan jadilah decklist yang seingatku seperti ini :

3 Blue Thunder T-45
2 Lord British Space Fighter
2 Jade Knight
2 Victory Viper XX03
3 Shining Angel
2 Honest
1 Sangan
1 Hyper Synchron
1 Cyber Eltanin
3 Cyber Valley

2 Shrink
1 Mind Control
1 Brain Control
1 Power Capsule
1 United We Stand
1 Limiter Removal
1 Mystical Space Typhoon
1 Giant Trunade
1 Heavy Storm
2 Creature Swap
1 Enemy Controller
1 Scapegoat
1 Sword of Revealing Light

1 Trap Stun
2 Threatening Roar
1 Beckoning Light

Extra deck 
Synchro generic yang ada di zaman itu
Gatau salah atau ga XD

Catatan : Deck ini memakai Banlist March 2010

Yep, decknya masih berantakan karena cuma pakai kartu seadanya, sehingga combo yang ada terlalu situasional, susah dilakukan. 

Blue Thunder T-45
Attrib: Light, Type: Machine/Effect, Level:4
Atk: 1700, Def: 1000
When this card destroys an opponent's monster by battle, Special Summon 1 "Thunder Option Token" (Machine-Type/LIGHT/Level 4/ATK 1500/DEF 1500). This Token cannot be Tributed for a Tribute Summon.

Victory Viper XX03
Attrib: Light, Type: Machine/Effect, Level:4
Atk: 1200, Def: 1000
When this card destroys an opponent's monster as a result of battle, select and activate 1 of the following effects: • Increase the ATK of this card by 400 points. • Destroy 1 face-up Spell or Trap Card on the field. • Special Summon 1 "Option Token" to your side of the field. It always has the same Type, Attribute, Level, ATK and DEF as this card.

Power Capsule
Group: Spell Card
Type: Spell
Select 1 face-up "Victory Viper XX03" on your side of the field to activate this card. Select 1 effect of "Victory Viper XX03", and apply the effect as this card's effect.

Lord British Space Fighter
Attrib: Light, Type: Machine/Effect, Level:4
Atk: 1200, Def: 800
If this card destroys an opponent's monster by battle, select and activate 1 of these effects: •You can attack once again in a row. •Select and destroy 1 Set card on the field. •Special Summon 1 "Multi Token" (Machine-Type/LIGHT/Level 4/ATK 1200/DEF 1200).

Jade Knight
Attrib: Light, Type: Machine/Effect, Level:4
Atk: 1000, Def: 1800
While this card is in Attack Position, face-up Machine-Type monsters you control with 1200 or less ATK cannot be destroyed by the effects of Trap Cards. When this face-up card is destroyed by battle and sent to the Graveyard, you can add 1 Level 4 LIGHT Machine-Type monster from your Deck to your hand.

Explanation :
Waktu itu masih belum pede dengan attack monster yang kecil, masih sering mengandalkan Blue Thunder sebagai Beatstick (memiliki original attack terbesar di deck ini), karena menghasilkan Token dengan Attack yang tidak sedikit pula, shrink bantu hadapi monster dengan attack lebih badak

Honest yang masih 2 lembar, United We Stand dan Limiter Removal menghadirkan combo OTK yang tidak terduga, terutama jika lawan belum mengerti playstyle decknya. Shining Angel dan Sangan menjadi recruiter Honest dan monster yang hampir semuanya bisa di akses lewat dua kartu ini, Jade Knight masuk juga selain sebagai searcher bisa untuk hadapi trap destroyer seperti Mirror Force dan Icarus Attack.

Creature Swap bisa memberi banyak plus di deck ini, memberikan token dengan atk kecil ke lawan yang kemudian menjadi target serangan pesawat, atau Shining Angel yang kemudian menarik Honest dari deck ke field. Cyber Valley sebagai drawer, token dan monster lawan yang diculik bisa menjadi makanan untuknya. Cyber Eltanin masuk untuk mengatasi monster immortal seperti Spirit reaper atau Colossal Fighter yang bisa hidup lagi, sekaligus mass removal, bisa memperoleh atk yang lumayan juga dengan jumlah Light-Machine yang banyak di deck ini.

Trap Stun dipilih untuk memuluskan OTK dari berbagai halangan khususnya waboku dan Sakuretsu Armor yang banyak dipakai di komunitas. Threatening Roar untuk pertahankan monster di field, selagi mengumpulkan kartu untuk combo, khususnya jika gagal OTK.

Combo (dengan decklist di atas sangat situasional) :
Hand : Victory Viper XX03, Power Capsule, United We Stand
Field lawan : 1 monster dengan attack maks 2000 untuk OTK
Summon Victory Viper, aktifkan Power Capsule> Special Summon Token, Aktifkan United We Stand, attack Victory Viper dan token jadi 2800. Jika Victory Viper berhasil destroy monster lawan By battle special summon token, maka dua token yang belum menyerang memiliki atk 3600 (total damage dari 2 token 7200+ dari Victory Viper)

Hand : Lord British Space Fighter, United We Stand, Field 4 token dari scapegoat yang diaktifkan saat end phase lawan.
Field lawan : 1 monster dengan attack maks 2400 untuk OTK
Summon Lord British Pasang United We Stand ke dia, monster yang di control 5, maka 800x 5 = 4000, 4000+1200= 5200, kalau berhasil destroy monster lawan by battle bisa direct attack 5200.

Hand : Honest,Limiter Removal, Victory Viper XX03/Lord british Space Fighter
Field lawan : 1 monster dengan attack minimal 1100 untuk OTK
Summon Viper,misal monster lawan 1100, attack saat damage step aktifkan Limiter Removal sbg CL 1 Honest CL2, bisa juga dengan mengaktifkan Honest dulu saat masuk damage step selanjutnya aktifkan Limiter Removal, Honest resolve atk Viper 1200+1100=2300, limiter removal resolve atk viper jadi 2300x2=4600, damage yang lawan terima 4600-1100= 3500, effect Viper Special summon token, atk token = 4600, direct attack, total damage ke lawan 3500+4600=8100

Next Post :
Menceritakan pengalaman duel dengan mempiloti deck ini

Sekali lagi kuucapkan terima kasih buat semua yang sudah mampir dan mengikuti Meta-Gamers hingga kini
Tiada kesan tanpa kehadiranmu (?)
Sekian : )

1 komentar:

Agar yang lain makin paham, yuk berkomentar!

© 2014 Meta-Gamers. WP Wildweblab converted by Bloggertheme9