07 April 2013

Mirror Match = Nightmare Match?


"With thousands of cards to choose  from, you can create and customize your own Deck with your favorite cards. Every Duelist will have their own unique Deck, completely different from every other Duelist’s Deck, which makes it really exciting to play!"
-Yu-Gi-h! Official Rulebook page 1-

Main di taraf kompetitif mengajak pakai deck yang bisa survive, singkatnya maka gunakanlah deck meta. Tingkat jago (apalagi kalau murah) suatu deck berbanding lurus dengan jumlah pengguna, hasilnya muncullah istilah Mirror Match yang menempel pada kejadian bertemunya 2 Deck yang sama. 


Sebenernya bikin artikel ini gara-gara baca post Dueling Legacy yang nyantumin tentang salah satu player di Malaysia ACQ, meta OCG yang kini didominasi Incarnate Dragon membuat Zack membawa Lava Golem di deck Incarnatenya hingga mengantarnya tembus top 8. Salah satu yang menakutkan dari Incarnate> 1st turn LADD+Draco Sack, 2 monster ini bisa jadi main dish si Lava Golem.  Yap kreatif player ini, setelah memakan 2 monster lawan Lava Golem bisa diculik dengan Big Eye and then kemungkinan direct attack 3k.

Apakah Mirror Match=Nightmare?
Buat pemanasan, kita list dulu Mirror Match yang secara jelas berpotensi jadi Nightmare apa aja : 

Darkworld
Yang mengerikan dari Mirror Match ini tentu game pertama, saat kedua player tidak tahu deck yang lawan pake, Card Destruction atau Dark World Dealing di awal game berbalik dari rasa kemenangan menjadi kenistaan, jika beruntung Snow lawan mengambil monster kamu, Brow yang jadi Pot of Greed, apalagi kalau lawan ngetroll bawa Silva yang bikin kamu minus 2.
Six Samurai
Naturia Beast yang menjadi senjata utama Six Sam untuk menghabisi deck yang ngandelin Spell kayak Bubblebeat, Prophecy, Dark World, juga menjadi nightmare saat mirror match, game menuntut kedua player  sebisa mungkin memunculkan Shi En atau Naturia Beast untuk menghalau spell yang bisa menjadi opening combo. Tidak hanya di situ,

Gladiator Beast
Bagai beradu di sebuah Colosseum, memperjuangkan harga diri untuk bertarung, tiap serangan dapat mengucurkan banyak darah, Gyzarus yang muncul dari 2 Gladiator yang pergi bisa jadi minus kalau ketimpa Becak lawan.

Incarnate Dragon
1st turn, Drago-Sack LADD itu Nightmare, bingung mau ngapain, tapi lebih Nightmare lagi kalau kamu udah spam Big Eye, terus lawan ngeluarin 1 Big Eye, yang ujungnya bisa ambil lebih dari satu Big Eyemu, kayak ngasih Voucher belanja gratis ke lawan, padahal kamu gak lagi promo.

Final Countdown
Deck yang sempet ngehype dan bikin duel ngebosenin, game cuma nunggu 20 turn, di stall pake banyak kartu, namun game ini justru bisa dikatakan berakhir lebih cepat jika Mirror Duel, jelas, siapa yang lebih dulu mengaktifkan Final Countdown dia yang menang.

Secara umum, Mirror Match itu berarti kedua player dimungkinkan udah paham seluk beluk deck, kekurangan dan tepatnya titik lemah deck. Jika kedua player memiliki skill yang hampir sama, Mirror Match bisa menjadi ajang adu "luck". Ketika game 1 sudah berakhir, maka game 2 menjadi lebih krusial lagi, karena sudah ada kartu side yang bisa membuktikan seberapa besar player memanfaatkan pengetahuannya tentang deck terkait.

Apa yang perlu dilakukan saat Mirror Match?
Mencoba agak beda
Setiap move terutama combo yang kamu akan lakukan, kemungkinan lawan bisa membacanya, memancing lawan untuk bikin lawan minus banyak adalah sesuatu yang sulit, (misal mengakali Shi En lawan dengan mengaktifkan Spell anehmu agar dinegate, sehingga Spell yang lebih guna gabisa dinegate, tentu lawan bisa menebak Spell apa aja yang sebenarnya bisa membuat kamu Opening Play). So, usahakan gunakan pattern berbeda. (susah si)

Side deck out Kartu yang membuat lawan lebih ngeplus maupun yang kurang guna
Bagi player zaman mesir, mungkin ingat saat berusaha build deck membawa field yang menambah attack attribute tertentu, tentunya jika ternyata attribute monster-monster lawan sama, seolah kamu telah memberi plus gratis ke lawan, dan kamulah yang minus. Misal DW vs DW, otomatis kamu perlu mengeluarkan kartu yang bikin lawan Discard, dan juga keluarkan Skill Drain kamu kalau main decking.

Side in kartu yang tidak berpotensi menjadi senjata makan tuan
Misalkan kamu Mirror Match machine, katakanlah Geargia. Pada umumnya saat lawan Machine player akan side in Cyber Dragon, selain menghilangkan banyak monster lawan, juga bisa buat kamu mengakhiri game. But ingatlah kartu semacam ini bisa diakalin lawan, selama Monster Reborn masih dalam status limit, Cyber Dragon yang sudah masuk ke grave kamu, bisa menjadi target Monster Reborn lawan. So, lebih baik gunakan kartu yang chance turut dimanfaatkan lawan lebih kecil, dalam contoh kasus barusan, mending membawa Electric Virus>menculik GGX bisa bantu opening play kamu.

Ingatkah kamu saat Inzektor menjadi Tier 1 di Meta, menemani Dino Rabbit dan Chaos Dragon (di OCG bahkan seolah hanya ada dua deck Inzektor dan HERO) tepatnya sebelum terkena banlist, tidak sedikit player membawa Autonomous Action Unit atau Wiseman's Chalice, merevive Dragonfly atau Centipede lawan. Selain tidak mengganggu deck sendiri, kartu macam ini bisa ngebantu memperlancar combo bahkan menang.

Autonomous Action Unit
Group: Spell Card, Type: Spell, Icon:Equip
Pay 1500 Life Points. Select 1 monster from your opponent's Graveyard, Special Summon it to your side of the field in Attack Position, and equip it with this card. When this card is removed from the field, destroy the equipped monster.


Wiseman's Chalice
Group: Spell Card, Type: Spell
If you control no monsters, select 1 monster in your opponent's Graveyard. Special Summon it. It cannot be Tributed, or used as a Synchro Material Monster. During the End Phase of this turn, give control of that Special Summoned monster to your opponent.


Yakinlah kamu bisa menang
Sahabatku yang Super, keyakinan itu diperlukan untuk mengantarkanmu membuka pintu keberhasilan. Tidak sedikit orang yang sebenarnya bisa namun karena ada sedikit keraguan, mengatakan saya tidak mampu dan sebagainya, akibatnya orang itu berakhir pada kegagalan. Maka jadilah orang yang yakin, optimis, dan melangkah dengan kepastian. Itu (?)
Kita memiliki resource (baca: deck) yang hampir sama, dan "luck" itu bisa diusahakan, salah satunya dengan keyakinan, optimis.

Mungkin segitu dulu yang bisa kami sampaikan, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan.
Sekian,
Sekedar cemilan yang bisa disajikan Meta-Gamers di weekend kamu. 
Terima kasih dan Salam Super Rare

52-N

thanks to : Ragnarök Duelist Guild member

4 komentar:

Agar yang lain makin paham, yuk berkomentar!

© 2014 Meta-Gamers. WP Wildweblab converted by Bloggertheme9